Wednesday, April 11, 2012

BKM SPING BLEU PELOPORI PASAR MINGGUAN


Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Sping Bleu Kelurahan Talang Ulu Keca­matan Curup Timur kembali memberikan terobosan ke­pada warga Kelurahan Talang Ulu dan sekitarnya. Yakni dengan mempelopori pasar mingguan yang dilaksana­kan setup hari Sabtu di RT 12 RW 04 Kelurahan Talang Ulu. Pasar Mingguan yang barn berjalan di minggu keempat bulan Maret 2012 hingga berita ini diterbitkan, pihak BKM Sping Bleu be­lum menarik retribusi dalam bentuk apapun kepada para pedagang pasar mingguan tersebut.
Namun ke depannya, ke­mungkinan besar BKM Sping Bleu akan menarik biaya retribusi kepada para peda­gang yang berjualan di Pasar Mingguan Hari Sabtu tersebut.
Nantinya, retribusi yang di­tarik ini akan digunakan utuk biaya kebersihan. Meng­ingat setelah kegiatan Pasar Mingguan selesai, sampah berserakan di mana-mana serta membuat lingkungan tidak nyaman. "Seandainya ada sisanya, akan dijadikan sebagai uang kas Kelurahan Talang Ulu dan pihak BKM Sping Bleu hanya sebagai pengelola," ujar Lurah Talang Ulu melalui Ketua RT 12, Ro­bianto.
Diadakannya pasar ming­guan yang dipelopori BKM Sping Bleu ini bertujuan un­tuk memberikan kemudahan, kepada warga Talang Ulu dan sekitarnya dalam mencukupi kebutuhan sembako dan kbutuhan lainnya. "Serta den­gan adanya pasar mingguan ini masyarakat tidak perlu lagi belanja ke pasar dalam mencukupi kebutuhannya. Sehingga masyarakat bisa berhemat waktu dan biaya," ujar Dedi Irawan, Anggota BKM Sping Bleu yang mengk­oordinir kegiatan pasar ming­guan.

Di samping itu, ke depan BKM Sping Bleu akan men­gupayakan dan menata lokasi Pasar Mingguan menjadi tempat yang nyaman. Baik nyaman bagi pedagang maupun para pembeli untuk ber­transaksi. Di samping itu, ten­tu Baja tetap mengedepankan kebersihan lingkungan.
 
Untuk diketahui, selama ini BKM Sping Bleu juga gencar menggiatkan kerajinan mute. Yaitu kerajinan mute dalam bentuk aneka tas, dompet, mainan kunci clan berbagai hiasan tempat kue serta masih banyak lagi yang lainnya. Ker­ajinan mute tersebut merupa­kan buah karya dari BKM Sp­ing Bleu yang telah berjalan sejak tahun 2008. Bahkan ha­sil karajinan telah dipasarkan di acara Expo PNPM MP yang digelar di Lubuklinggau be­lum lama ini. 
Seperti yang diberitakan oleh koran Radar Pat Petulai (RPP) pada hari senin tanggal 9 April 2012


0 comments:

Post a Comment