Thursday, January 19, 2012

Penantian Yang Melelahkan

Tak terasa tahun sudah berganti. Hari dan bulan sudah terlampaui, bahkan di beberapa daerah, tahun demi tahun telah dilewati dalam kaitannya dengan pelaksanaan PLPBK (ND). Ada yg sudah berjalan "baik", beberapa daerah masih "berjuang", namun ada beberapa daerah yg justru kini mulai kehilangan motivasi dalam pelaksanaan PLPBK (ND) Karena sampai saat ini pengumuman desa/kelurahan mana yang bakal terpilih untuk melaksanakan PLPBK di Rejang Lebong Belum ada BKM /LKM yang tau.

Saya belum terlalu banyak Mengerti gimana proses penyeleksian PLPBK, apa benar harus dengan RR yang selalu diatas 90%?, dan apa benar harus telah memanfaatkan 3 tahap paket? Atau cukup dengan Nego dan Lobian saja?

Susa bagi kita untuk menjawabnya, kini kta Cuma bisa Mimpi untuk mendapatkan dana PLPBK, gimana jika mimpi itu tidakbisa jadi kenyataan?

Bisa dipahami jika  "harapan" dan "impian" mereka ternyata tidak sesuai dgn kenyataan yg memang seharusnya mereka temui pasti rasa kecewa yang datang.

Akan tetapi sebenarnya kekecewaan masyarakat itu tidak perlu berlarut-larut sekiranya ada tindakan yg dapat menimbulkan motivasi & harapan baru, yangg tumbuh dalam koridor dan tempat yg benar, apalagi  jika ada konsep tersebut yg bisa menjelaskan bahwa keleluasaan yg diberikan kepada mereka untuk merencanakan pembangunan lingkungan di daerah mereka sesuai dgn kondisi komuni/masyarakat di daerah tsb, akan membuat daerah mereka tumbuh dan berkembang lebih baik sejalan dengan denyut nadi kehidupan mereka sendiri. Apalagi jika mereka bisa menselaraskan dgn master plan pembangunan di sekitar mereka yg - mungkin - sudah dibuat oleh pemerintah daerah setempat.
Bisa dibayangkan seberapa besarnya dana yg akan tersalurkan untuk pembangunan di desa tersebut. Bukan hanya 1 Milyar, namun mungkin sekali berlipat 10x atau lebih.

1 comments:

  1. yang sabar... dan selalu ingat,, bahwa dana BLM apapun itu nama nya hanya bersifat sebagai stimulan atau perangsang tumbuhnya swadaya masyarakat,,

    jadi kalau aku boleh saran,, perkuat di BKM, buat betul-betul menjadi BKM yang berdaya sekaligus mandiri dan menjadi milik masyarakat Talang Ulu, dengan begitu aku yakin,, apapun bentuk dana yang mampir atau tidak di kelurahan talang ulu, tidak menjadi masalah,,, Tetap Semangat "Sping Bleu" :)

    ReplyDelete