Monday, April 15, 2013

Review PJM 2012

Latar Belakang

Masalah kemiskinan di Indonesia sudah sangat mendesak untuk ditangani, khususnya diwilayah perkotaan, salah satu ciri umum dari kondisi fisik masyarakat miskin adalah tidak memiliki akses ke prasarana dan sarana dasar lingkunganyang memadai, dengan kualitas perumahan dan permukiman yang jauh dibawah standar kelayakan serta mata pencaharian yang tidak menentu. 

Disadari bahwa selama ini banyak pihak lebih melihat persoalan kemiskinan hanya pada tataran gejala-gejala yang tampak terlihat dari luar atau ditataran permukaan saja, yang mencakup multi dimensi, baik dimensi polotik, sosial, ekonomi, asset dan  lain - lain. 

Keputusan, kebijakan dan tindakan yang tidak adil biasanya terjadi pada situasi tatanan masyarakat yang belum mandiri, dengan salah satunya dapat dilihat dari kondisi kelembagaan masyarakat yang belum berdaya, yang tidak berorientasi pada keadilan, tidak dikelola dengan jujur dan tidak ikhlas berjuang  bagi kepentingan masyarakat. 

Oleh karena itu, PNPM MP memahami bahwa akar penyebab dari persoalan kemiskinan yang sebenarnya adalah karena kondisi masyarakat yang belum berdaya dengan indikasi kuat yang dicerminkan dengan prilaku/ sikap/ cara pandang masyarakat yang tidak dilandasi pada nilai-nilai Universal kemanusiaan.

Karena itu kritik utama penanggulangan kemiskinan adalah lemahnya sikap Mental dan Moralitas kita, tidak ada jawaban lain jika kita mau membangun maka Mentalitas dan Moralitas adalah hal utama yang harus kita bangun terlebih dahulu, pemumbuhan kembali nilai-nilai luhur Universal adalah syarat utama agar kita mampu kembali bisa membangun semua aspek pembangunan masyarakat yang hingga saat ini masih dalam kondisi kemiskinan yang memperihatinkan, karena itu upaya pemberdayaan yang sejati bukan kemudian membentuk yang lemah menjadi kekuatan penguasa yang baru tetapi lebih kepada aspek pemulihan kepedulian dan semangat kerelawanan untuk mencari solusi dan mau memberikan sumbangsih apa yang kita milik bagi masyarakat kita, bangsa kita sendiri. 

Perencanaan peranannya sangat penting sekali. Kegiatan tanpa perencanaan akan lebih banyak berpeluang untuk gagal dibanding keberhasilannya. Sebaliknya kegiatan yang didasari dengan perencanaan yang matang, maka akan sedikit resiko kegagalannya. 

Program penanggulangan kemiskinan di Kelurahan Talang Ulu telah masuk pada  Siklus Tahun ke 4. Serangkaian kegiatan siklus tahunan PNPM-MP diantaranya; RK, PS dan Pemilihan Ulang Anggota BKM Periode 2012-2014 sudah dilaksnakan oleh BKM, Relawan dan aparat Kelurahan. Kajian-kajian hasil Review Pemetaan Swadaya (PS) telah menghasilkan kesepakatan akan kebutuhan riil masyarakat Kelurahan Talang Ulu yang tersusun dalam PJM 2012-2014. Hasil Pemetaan Swadaya tersebut merupakan pencerminan aspirasi warga masyarakat Kelurahan Talang Ulu dan harapan-harapan mereka mengenai pembangunan ke depan. Masukan-masukan dari warga masyarakat dijadikan bahan untuk merumuskan Rencana Program Penanggulangan Kemiskinan dikelurahan Talang Ulu.

Untuk selengkapnya Review PJM 2012 silakan lihat dan download Disini
Isi Review PJM 2012 silakan lihat dan Download Disini

0 comments:

Post a Comment